Jalan Pintas Berhitung Luar Kepala

gb4

Urusan berhitung sering menjadi masalah buat anak sekolah atau bahkan kita sendiri, baik dalam pekerjaan maupun dalam kegiatan sehari-hari seperti menghitung jumlah telur, jumlah buah, jumlah uang, jumlah utang, jumlah bintang (??) dll. Artikel ini saya ambil dari buku lama yang saya beli tanggal 26 Maret 1999 saat masih kuliah di Malang. Judul bukunya “Dinamika mental: program singkat menuju sukses” terbitan Dahara Prize Semarang. Buku bergenre motivasi ini adalah buku terjemahan karya K. Thomas Finley. Saya suka membaca buku ini dan masih saya simpan rapi di lemari buku. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Cara Menjumlahkan Secara Cepat

Masalah utama dalam penjumlahan/penambahan adalah masalah pembawaan (penyimpanan). Masalah penyimpanan (carrying) terjadi bila dalam satu kolom jumlah angkanya lebih dari sembilan, sehingga kelebihannya harus ditambahkan pada kolom berikutnya.

Perhatikan dua contoh berikut

gb1

Penjumlahan sebelah kiri dengan cepat anda hitung dari kiri ke kanan (karena jumlah angka dalam satu kolom kurang dari atau sama dengan 9), tetapi penjumlahan sebelah kanan pasti tidak bisa cepat dihitung dari kiri ke kanan, sehingga lazimnya kita hitung dari kanan ke kiri (karena jumlah angka dalam satu kolom lebih dari 9).

Bagaimana Menghindari bawaan/sisa (masalah penyimpanan)?.

Perhatikan contoh berikut:

gb2

Kolom pertama (paling kanan), 8 + 6 = 14. Biasanya kita menulis 4 di bawah angka 6, lalu menulis sisanya di atas angka 5. Cara ini bisa membuat fikiran kacau karena mengingat dua angka tadi, apalagi jika angkanya banyak.

Cara mudahnya adalah:

  • ambillah bilangan yang berakhir dengan angka terbesar (angka 58)
  • lalu bulatkan angka 58 menjadi 60.
  • menjumlahkan angka 60 dengan 26 pasti mudah bukan? ya hasilnya 86. Tapi ingat, hasilnya tentu saja salah, karena seharusnya hasilnya 84.
  • angka di bawahnya dikurangi 2, sehingga angka 26 menjadi 24.
  • sehingga penjumlahan menjadi: 60 + 24 = 84. (mudah bukan ???)

gb2              gb3

Latihan Sekarang

Dengan cara di atas coba latihan menghitung di luar kepala dengan cepat angka-angka berikut.

gb4 gb5

gb6

Penjumlahan di atas seharusnya anda ubah menjadi bentuk berikut (yang dijumlahkan yang warna merah).

gb4 gb5

gb6

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk melejitkan kecepatan berhitung!