Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Java untuk Pembelajaran Fisika SMA

mgmp

Kata pepatah “Seperti gayung bersambut”. Begitulah kegiatan pelatihan yang telah kami laksanakan. Berawal dari rencana Kegiatan Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Fisika Universitas Brawijaya (UB) Malang yang dikomandani oleh Bapak Ahmad Nadhir, Ph.D., untuk melakukan pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Java kepada guru-guru Fisika SMA di Kabupaten Lombok Timur. Rencana kegiatan dan jadwal kami diskusikan melalui SMS dan e-mail. Maklumlah, karena jarak kami cukup jauh. Seluruh Tim masih berada di Kota Malang, sedangkan saya selaku Ketua MGMP Fisika Kab. Lombok Timur berada di Kota Selong (ibukota Kabupaten Lombok Timur-NTB). Akhirnya, jadwal pelatihan disepakati pada Hari Selasa, 2 April 2013. Juga bertepatan dengan jadwal rutin MGMP Fisika yang rutin kami adakan setiap hari selasa tiap bulannya. Rombongan Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Fisika UB Malang tiba di SMA Negeri 1 Selong pukul 08.30 dan acara dimulai pukul 09.00 wita. Acara agak molor dari rencana semula pukul 08.00 wita karena harus menunggu peserta yang masih banyak belum hadir. Anggota Tim Dosen Fisika UB Malang terdiri dari:

  • Ahmad Nadhir, Ph.D (Ketua Tim)
  • Dr-Ing Setyawan P Sakti, M.Eng
  • Dr.Eng Didik R Santoso, M.Si
  • Sukir Maryanto, Ph.D
  • Gancang Saroja, S.Si, M.T Irwan, M.Sc

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Java untuk Pembelajaran Fisika SMA

Foto bersama antara peserta MGMP Fisika Lotim dengan Tim Dosen Unibraw Malang.

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Java berlangsung dalam suasana yang akrab, serius tetapi sangat santai. Suasana jauh dari kesan bahwa ilmu fisika itu sulit dan tidak menyenangkan. Pada Sesi pertama, materi disampaikan oleh Bapak Dr. Setyawan. Diawali dengan perkenalan profil jurusan Fisika di Universitas Brawijaya Malang. Selanjutnya, beliau memaparkan bagaimana keterkaitan antara ilmu fisika dengan teknologi mutakhir serta aplikasinya di masyarakat. Para peserta yang terdiri dari guru-guru Fisika se-kabupaten Lombok Timur, begitu asyik mendengarkan materi, seolah seperti batre kosong yang siap di-charge. Apalagi, narasumber juga menceritakan bagaimana pengalaman beliau mempelajari aplikasi fisika pada Helicopter saat studi S3 di Jerman.

13655693991567689004

Dr. Setyawan menyampaikan materi.

Pada Sesi kedua, materi disampaikan oleh Bapak Ahmad Nadhir, Ph.D (Ketua Tim). Beliau menjelaskan materi Aplikasi Java Applet dan Java Circuit. Materi ini sangat menarik perhatian peserta, sehingga semuanya begitu serius menyimak penjelasan dari narasumber. Materi sudah dibundel dalam 1 buah CD yang totalnya 500 MB, sehingga peserta cukup membuka folder yang sudah tersedia sambil dibimbing oleh pemateri.

13655697741983998962

Dr. Ahmad Nadhir sedang membimbing peserta pelatihan Java Applet dan Java Circuit

Materi yang menurut saya paling menarik karena masih baru dan komplit adalah Java Circuit. Java Circuit ini adalah sebuah software yang sangat komplit untuk belajar Rangkaian Elektronika. Mulai dari rangkaian yang paling sederhana hingga yang kompeks. Umumnya, materi listrik dan elektronika ini juga menjadi -materi yang rumit dan abstrak- untuk dijelaskan oleh sebagian guru-guru Fisika. Maka, dengan bantuan software Java Circuit ini, rasanya belajar elektronika menjadi lebih mudah. Dalam software ini, rangkaian listrik yang kita gambar bisa memvisualkan gerakan elektron seperti gerak nyata. Bahkan grafik arus dan tegangan bisa kita lihat langsung layaknya sebuah osiloskop nyata. Untuk menggambar kabel-kabel dan aneka komponen elektronik seperti resistor, induktor, kapasitor, tegangan, dll sangat mudah. Cukup dengan klik-kanan dan drag saja.

Sesi Ketiga, materinya adalah Phet Simulation Software. Materi disampaikan oleh Bapak Gancang Saroja, MT. PhET adalah singkatan dari Physics Education Technology. Software PhET ini dikembangkan oleh programmer dari University of Colorado, USA. Software ini juga tidak kalah bagusnya dengan Java Aplet dan Java Circuit. Bukan hanya simulasi fisika, tetapi ada ratusan simulasi matematika, kimia, biologi, kebumian, dll.

13655716461200791802Bapak Gancang Saroja, MT sedang menjelaskan materi PhET

Simulasi dan animasi dalam PhET ini sangat interaktif, sehingga user bisa melakukan percobaan langsung di depan komputer. Inilah yang disebut Virtual Laboratory (Lab Maya). Pemateri dengan sabar membimbing peserta untuk mencoba berbagai macam judul animasi yang ada. Pesan beliau. “jangan takut mencoba”. Untuk rekan-rekan guru Fisika atau IPA, software ini sangat bagus dan saya rekomendasikan untuk digunakan di dalam kelas. Saya sendiri sudah sering mencobanya dan kesan siswa sangat bagus. Jika guru-guru Fisika atau IPA bisa menggunakan ICT dalam pembelajaran, tentunya dipilih materi yang memang bagus untuk digunakan, maka penulis yakin pembelajaran Fisika/IPA akan menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Sehingga pelajaran Fisika/IPA tidak lagi menakutkan dan menyulitkan. Tampilan website PhET (www.phet.colorado.edu) Terima kasih kami sampaikan kepada para pemateri (Tim Dosen Fisika UB Malang), yang telah menginduksi guru-guru Fisika SMA/MA di Kabupaten Lombok Timur melalui pelatihan ini. Semoga sharing ilmu dan silaturrahim ini bisa bermanfaat bagi kami dan para siswa. Salam Fisika.